Walau Mahal Liverpool Sangat Beruntung Membeli Mohammed Salah Dari Roma

Terdapat cukup banyak kejutan pada bursa transfer musim panas lalu. Pecahnya rekor pemain termahal dunia oleh Neymar yang hijrah ke Paris Saint-Germain, kemudian kembalinya Wayne Rooney ke Everton, dan masih banyak lagi. Namun, ada satu nama lain yang bisa dibilang menjadi yang paling sukses sejauh ini, yaitu Mohamed Salah.

Pemain internasional Mesir tersebut didatangkan Liverpool dari AS Roma dengan harga yang tidak murah, 42 juta Euro. Tapi harga tersebut rasanya sangat sebanding dengan apa yang sudah Salah berikan sejauh ini untuk Liverpool. Meskipun kondisi The Reds saat ini bisa dibilang sedang terpuruk.

Hingga pekan kesembilan Premier League, Liverpool harus rela bertengger di posisi kesembilan. Tim asuhan Jurgen Klopp tersebut baru meraih tiga kemenangan, empat kali imbang, dan dua kekalahan. Dimana dari enam pertandingan terakhir, tim yang bermarkas di Anfield ini hanya meraih satu kemenangan.

Akan tetapi, di tengah performa buruk Liverpool, seolah hanya Salah yang masih bisa tampil mengesankan. Sejauh ini Liverpool sudah mencetak 14 gol di Premier League, dimana Salah mencetak lima di antaranya, yang menjadikannya top skorer sementara untuk klub. Bukan cuma itu, Salah juga sudah mencatatkan dua assist di Premier League.

Menurut situs WhoScored, rating yang dimiliki Salah sejauh ini menjadi yang tertinggi kedua di kubu Liverpool. Salah diberi nilai 7.32, kalah dari Philippe Coutinho yang mendapat nilai 7.74. Tapi menit bermain Salah lebih banyak ketimbang Coutinho. Salah memiliki rataan 3.4 tendangan ke arah gawang, atau paling tidak melakukan tiga percobaan dalam satu pertandingan. Rata-rata umpan yang dilakukan Salah juga cukup baik, yakni di angka 76.2 persen.

Peran Salah untuk Liverpool sampai saat ini memang sangat terasa. Hal tersebut dibuktikan dengan penghargaan pribadi yang didapatnya. Pemain berusia 25 tahun tersebut berhasil menyabet Pemain Terbaik Liverpool untuk bulan Agustus dan September. Bukan cuma itu, Salah juga berhasil mendapatkan gelar Gol Terbaik di Liverpool untuk periode yang sama.

Liverpool beruntung bisa mendapatkan Salah pada bursa transfer lalu. Tapi, sepak bola bukanlah permainan satu orang saja. Seluruh skuat harus bisa tampil sama baiknya dengan apa yang Salah lakukan agar bisa mendongkrak posisi The Reds di papan klasemen